Assalammu'alaikum
Wr., Wb.
Selamat
malam, teman - teman semua :)
Jumpa lagi
dengan saya Rizky Amalia Fitriani di blog Hellokitty :D
Pada postingan kali ini saya akan mencoba
untuk melengkapi data modul CRM PT Macan Jaya pada Odoo 8.0.
Setelah saya berhasil menginstall modul CRM di Odoo 8.0 maka yang terjadi adalah sub menu Leads, Opportunities, dan Phone Calls secara otomatis terinstall dan masuk ke dalam menu Sales.
Pada Odoo 8.0 menu Sales mempunyai sub menu dan sub sub menu di dalamnya adalah sebagai berikut:
Setelah saya berhasil menginstall modul CRM di Odoo 8.0 maka yang terjadi adalah sub menu Leads, Opportunities, dan Phone Calls secara otomatis terinstall dan masuk ke dalam menu Sales.
Pada Odoo 8.0 menu Sales mempunyai sub menu dan sub sub menu di dalamnya adalah sebagai berikut:
Ø
Customers
Ø
Leads
Ø
Opportunities
Ø
Quotations
Ø
Sales Orders
- Phone Calls
- Phone Calls
Ø
Logged Calls
- Products
Ø
Products
Ø
Products Variants
Ø
Products by Category
- Tools
Ø
Deduplicate Contacts
- Configuration
Ø
Contacts Segmentation
Ø
Units of Measure Categories
Ø
Address Book
Ø
Phone Calls
Ø
Product Categories & Attributes
Ø
Leads & Opportunities
Dari sekian sub-menu di atas yang berkaitan dengan modul CRM/Sales yang akan saya kerjakan adalah pada sub-menu Sales dan sub-sub menu yang akan saya kerjakan adalah Leads dan Opportunities, lalu sub-menu Phone Calls.
A. Melengkapi Data pada Sub-sub Menu Leads
Leads adalah bagian penting dalam penjualan. Sebelum kita melakukan penjualan, kita harus mengadakan perjanjian dengan calon customer untuk melakukan presentasi, penawaran produk, pengenalan produk, dll sebelum akhirnya melakukan penjualan.
Pada Odoo 8.0 kita dapat membuat daftar Leads beserta rating prioritasnya untuk memudahkan perusahaan kita mengetahui kapan perjanjian dengan calon customer diadakan dan seberapa prioritas calon customer tersebut.
Cara membuat daftar Leads pada Odoo 8.0 adalah sebagai berikut :
1. Masuk
ke menu Sales, menuju ke sub-menu Sales, lalu pilih sub-sub menu Leads. Disana
kamu akan melihat tampilan sub-sub menu Leads yang masih kosong.
| ||
Misal disini saya akan mengisi form
Leads dengan subject Presentation kepada Mr. Afghan Syahreza selaku Procurement
Director dari PT. Bank Optimis dengan rating prioritas 4 bintang. Sales yang
bertanggung jawab atas Perjanjian ini adalah Administrator dengan Sales Team
yang akan berangkat nantinya adalah Team Direct Sales.
|
Demikianlah cara membuat Leads untuk menyiapkan perjanjian dengan calon customer.
B.
Membuat Logged Calls
Setelah Leads dibuat, maka selanjutnya
yaitu menghubungi calon customer kita melalui telepon. Sebelum telepon
dilakukan, kita buat dulu jadwalnya agar kita tidak terburu – buru melakukan
kontak terhadap calon customer.
Caranya yaitu sebagai berikut :
1. Masuk ke menu Sales,
menuju ke sub-menu Phone Calls, lalu pilih Logged Calls. Disana kamu akan
melihat tampilan sub-sub menu Logged Calls yang masih kosong.
| ||
2. Untuk membuat Logged Calls yang baru, klik tombol merah bertuliskan Create. Sebuah baris form akan muncul, silakan isi dengan data – data yang kamu inginkan lalu klik tombol merah bertuliskan Save untuk menyimpan data. |
| ||
Sebagai contoh disini saya mengisi form
Logged Calls dengan tanggal kontak 09 Januari 2017, pukul 09.00, Call Summary
atau inti pembicaraan dengan Presentation Appointment, Kontak yang akan
dihubungi yaitu PT. Bank Optimis a.n. Afghan Syahreza, orang yang akan
bertanggung jawab atas telepon tersebut (Responsible) yaitu oleh Administrator.
|
Demikianlah langkah – langkah dalam membuat Logged Calls untuk membuat jadwal telepon kepada calon customer.
C. Mengubah Status Leads Menjadi Opportunities
Opportunities adalah peluang perusahaan kita terhadap perusahaan calon customer atas penjualan produk – produk kita.
Pada contoh sebelumnya, saya membuat
Presentation sebagai Leads, lalu membuat jadwal telepon untuk menghubungi calon
customer. Setelah Phone Calls dilaksanakan dan Leads kita sukses menggaet
perhatian calon customer dan mereka setuju agar perusahaan kita melakukan
penawaran maka alur penjualan berikutnya yaitu Opportunities atau peluang.
Cara mengubah status Leads menjadi
Opportunities adalah sbb:
1. Masuk ke menu Sales, menuju ke sub-menu Sales, lalu pilih
sub-sub menu Opportunities. Disana kamu akan melihat tampilan sub-sub menu
Opportunities yang masih kosong.
| ||
2. Untuk mengubah status Leads menjadi Opportunities kamu harus masuk ke sub-sub menu Leads, lalu hilangkan tag Unassigned pada kolom pencarian pada kanan atas layar agar kamu dapat menemukan Leads yang telah kamu buat sebelumnya (Langkah A). |
| ||
3. Setelah
tag Unassigned dihilangkan maka form Leads yang telah kamu buat sebelumnya akan
tampak pada layar.
|
| ||
4. Klik
form tersebut maka tampilan data – data pada Leads yang telah kamu buat akan
ditampilkan. Klik tombol merah bertuliskan Convert to Opportunity, maka layar
akan menampilkan form baru yaitu Convert to opportunity, silakan isi dengan
data – data yang diinginkan.
|
| ||
Pada bagian Assign opportunities to,
Salesperson saya mengisi Romy Rafael sebagai orang yang akan dikirim untuk
melakukan Leads PT. Macan Jaya yaitu Presentation yang merupakan anggota dari
Team Direct Sales. Pada bagian Opportunities, Related Customer saya isi dengan
Link to an existing customer arena data customer sudah pernah diinput
sebelumnya, dan Customer yaitu PT. Bank Optimis a.n. Afghan Syahreza sebagai orang
yang akan ditemui pada saat Leads dilaksanakan nantinya.
|
5. Setelah data – data pada form Convert to opportunity diisi, klik tombol merah bertuliskan Create Opportunity maka tampilannya akan berubah menjadi sebagai berikut :
| ||
6. Kembali
ke tampilan sub-sub menu Opportunities, disana kamu akan melihat ada kotak
Opportunity yang muncul setelah merubah status Leads menjadi Opportunities dan
Leads yang kita buat sebelumnya menghilang walaupun tag Unasigned sudah
dihilangkan. Hal ini disebabkan oleh statusnya sudah berubah menjadi
Opportunities.
|
Tampilan baru pada sub-sub menu Opportunities |
Tampilan Leads setelah status berubah menjadi Opportunities |
Demikianlah cara mengubah status Leads
menjadi Opportunities.
Penjabaran tersebut juga telah saya buat di Gitbook kelompok PT Macan Jaya dengan link :
https://rizkyamaliafitriani.gitbooks.io/uas-erp-uperp8uas01b-melengkapi-data-crm-pt-macan/content/modul-crm-uperp8uas01b-melengkapi-data-modul-crm-pt-macan-jaya.html
https://rizkyamaliafitriani.gitbooks.io/uas-erp-uperp8uas01b-melengkapi-data-crm-pt-macan/content/modul-crm-uperp8uas01b-melengkapi-data-modul-crm-pt-macan-jaya.html
Selain itu kalian juga dapat melihatnya dalam berbagai versi yang sudah saya simpan dalam Google Drive email kartun saya (hellokitty.uperp8@gmail.com), yaitu :
- Untuk versi Word dapat dilihat dan didownload disini
- Untuk versi PDF dapat dilihat dan didownload disini
Sekian postingan saya kali ini mengenai melengkapi data modul CRM PT Macan Jaya pada Odoo 8.0.
Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Salam Sukses,
- Untuk versi Word dapat dilihat dan didownload disini
- Untuk versi PDF dapat dilihat dan didownload disini
Sekian postingan saya kali ini mengenai melengkapi data modul CRM PT Macan Jaya pada Odoo 8.0.
Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Salam Sukses,
Wassalammualaikum Wr, Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar