Jumat, 23 Desember 2016

#UPERP8UAS03C Kegunaan masing-masing Modul Add-Ons

Assalammu'alaikum Wr., Wb.
Selamat malam, teman - teman :)
Jumpa lagi dengan saya Rizky Amalia Fitriani di blog Hellokitty-uperp8.

Setelah kita mengetahui cara menginstall addons modul tambahan pada post sebelumnya yang berjudul UPERP8UAS03B Panduan Cara Menggunakan Modul Addons. Lalu sudah kita pelajari juga Panduan Cara Menggunakan Modul Addons Mass Mailing Unsubcription dan Associations: Members. Kali ini kita akan membahas mengenai Kegunaan masing – masing Modul addons Mass Mailing Unsubscription dan Associations: Members.

Mari kita mulai dengan Kegunaan Modul addons Mass Mailing Unsubscription.

A. Kegunaan Modul addons Mass Mailing Unsubscription.

Pada postingan saya terdahulu, yakni #UPERP8UTS05 Instalasi dan Panduan Menggunakan Addons Module pada Odoo 8.0 saya juga sudah membahas mengenai Kegunaan Modul addons Mass Mailing Unique. Kegunaan Modul addons tersebut adalah untuk menghindari terdaftarnya 2 buah e-mail yang sama pada daftar kontak sehingga menambah peluang kita untuk memperbanyak e-mail customer untuk memperluas usaha kita.

Sebelum modul addons tersebut kita install, jika kita mendaftarkan 2 buah e-mail dengan alamat yang sama (misal keduanya sama – sama beralamatkan hellokitty@gmail.com) maka kedua e-mail yang kita daftarkan tersebut dapat tersimpan.

Namun, setelah kita menginstall Modul addons Mass Mailing Unique maka pada saat kita daftarkan e-mail kedua –dengan alamat yang sama– maka akan muncul peringatan bahwa e-mail tersebut sudah tersimpan sebelumnya.

Buat e-mail -> save

Buat e-mail yang sama -> save

Muncul peringatan bahwa alamat e-mail sudah pernah terdaftar

Kemudian pada postingan saya yang lalu, kita menginstal Modul addons Mass Mailing Unsubscription. Modul ini berfungsi untuk memberi akses pada admin Odoo 8.0 agar user (e-mail customer) dapat/tidak dapat menghentikan langganan e-mail mereka. Jika admin memberikan centang pada opsi “Allow Unsubscribe” maka customer dapat menghentikan langganan terhadap e-mail dari perusahaan kita. Namun, jika admin menghilangkan centang pada opsi “Allow Unsubscribe” maka customer tidak dapat menghentikan langganan e-mail mereka sehingga kita tetap dapat mengirimkan e-mail perusahaan kepada customer. Hal ini membuat perusahaan kita dapat terus memberikan informasi maupun promosi dari perusahaan terhadap customer melalui e-mail karena mereka tidak dapat menghentikan langganannya.

Opsi “Allow Unsubscribe” yang belum dicentang

Opsi “Allow Unsubscribe” yang sudah dicentang
  
Itulah kegunaan dari Modul addons Mass Mailing Unsubscription. Sungguh bermanfaat sekali bagi perusahaan kita untuk terus memberikan informasi dan promosi kepada customer kita.

Berikutnya kita akan membahas kegunaan modul addons Associations: Members.

B. Kegunaan Modul addons Associations: Members.

Modul addons Associations: Members memberikan kita sebuah sub-menu tambahan yang bermanfaat bagi Marketing, yaitu “Events”.  Perusahaan kita dapat menjaring lebih banyak customer jika perusahaan mampu mengadakan sebuah event khusus yang dapat dihadiri oleh pengunjung. Pengunjung – pengunjung yang menghadiri event yang diadakan oleh perusahaan kita bisa saja adalah pengunjung baru yang belum pernah menjadi customer perusahaan kita sebelumnya.

Melalui sebuah event maka pengunjung baru tersebut bisa menjadi customer maupun calon customer bagi perusahaan kita. Terlebih jika kita memiliki e-mail mereka, sehingga kita juga dapat memberikan informasi maupun promosi produk dari perusahaan kita. Apalagi setelah kita menambahkan Modul addons Mass Mailing Unique dan Mass Mailing Unsubscription seperti pada postingan saya sebelum ini dan pada poin A di atas. Kita dapat menambah daftar kontak e-mail agar jaringan menjadi lebih luas dan tidak perlu takut kehilangan calon customer maupun customer tetap kita, karena informasi maupun promosi  yang kita berikan selalu terkirim ke alamat e-mail customer.

Membuat sebuah event melalui sub-menu Events dari menu Marketing

Create New Events dengan Registrasi Partisipan / Member

Event yang kita buat pada halaman muka sub-menu Events

Itulah kegunaan dari Modul addons Associations: Members. Sungguh bermanfaat sekali bagi perusahaan kita untuk terus mempertahankan customer dan memperluas jaringan dengan menambah customer baru dari pengunjung – pengunjung baru yang menghadiri event yang kita adakan.

Bagaimana, guys keren sekali bukan kedua Modul addons tambahan yang baru saja kita tambahkan?

Demikian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua baik bagi saya maupun kalian sebagai pembaca.

Selain itu kalian juga dapat melihatnya dalam berbagai versi yang sudah saya simpan dalam google drive email kartun saya (hellokitty.uperp8@gmail.com), yaitu :
- Untuk versi word dapat dilihat dan didownload disini
- Untuk versi pdf dapat dilihat dan didownload disini 
- Untuk versi video dapat dilihat dan didonwload disini

Stay tuned di blog hellokitty-uperp8.blogspot.co.id karena pada postingan berikutnya saya akan bahas mengenai Perbedaan sebelum dan sesudah Modul addons Mass Mailing Unsubscription dan Associations: Members diinstall.

Semoga postingan saya ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.

Salam Sukses, 

Wassalammu'alaikum Wr., Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar