Sabtu, 24 September 2016

#UPERP8T03A Cara menginstall Odoo 8.O Software

Hallo teman-teman, Assalamualaikum. Hai ketemu lagi dengan saya si imut Hello Kitty.

Pada tugas ERP kali ini #UPERP8T03 saya akan membahas "Bagaimana cara Install Odoo 8.0 Software di Laptop/PC?"

Yup, sebelum masuk ke dalam tahapan meng-install, ada baiknya kita mengenal apa itu Odoo 8.0 Software.
Odoo 8.0 merupakan aplikasi ERP (Enterprise Resources Planning) modern dan lengkap yang didistribusikan secara open source, didalamnya terdapat berbagai program aplikasi bisnis termasuk Sales, CRM, Human Resources, Warehouse Management, Manufacturing, Finance and Accounting dan lain sebagainya. Odoo (OpenERP) dibangun menggunakan teknologi framework open object yang memiliki kekuatan arsitektur MVC (Model View Controller), workflow atau Alur Kerja Proses yang fleksibel, GUI yang dinamis, antarmuka XML-RPC dan sistem pelaporan yang dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan.
Odoo(OpenERP) merupakan web aplikasi yang dibangun menggunakan bahasa pemograman Phyton, XML, dan JavaScript serta menggunakan PostgreeSQL sebagai database management systemnya. Sejarah  Odoo (OpeERP) yang sebelumnya adalah TinyERP lalu berubah menjadi OpenERP dan sekarang menjadi Odoo ditulis dengan bahasa Phyton oleh sebuah perusahaan yang bernama TinySPRL di Belgia.

Selanjutnya, mari kita masuk ke tahap tutorial untuk install Odoo 8.0. Tahap-tahapannya adalah sebagai berikut :

1. Tahap 1 adalah double klik pada aplikasi Odoo 8.0 seperti gambar dibawah ini :


Setelah diklik maka akan muncul notifikasi user account control dan klik yes.

2. Tahap 2 adalah memilih bahasa yang akan digunakan pada aplikasi Odoo 8.0 yaitu English atau France. Kemudian klik OK :


3.Setelah tahap 2 selesai, selanjutnya tahap 3 adalah Setup Wizard Odoo, kemudian klik Next seperti pada gambar dibawah ini :



4. Tahap ke 4 adalah muncul jendela terms of the agreement, kemudian klik I Agree sebagai suatu bentuk pernyataan bahwasanya kita selaku user telah setuju. Seperti pada gambar dibawah ini:



5. Selanjutnya pada tahap 5, setelah menyetujui S&K yang berlaku pada aplikasi Odoo 8.0 maka akan muncul  jendela untuk memilih type instalasi apa saja yang akan di-install seperti gambar dibawah ini :



6. Tahap 6 selanjutnya akan muncul jendela informasi untuk konfigurasi PostgreSQL seperti pada gambar dibawah ini:



7.  Tahap 7 adalah memilih destinasi folder untuk instalasi dan klik install untuk memulai proses instalasi, seperti pada gambar dibawah ini:



8. Tahap 8 adalah proses instalasi, tunggu sampai proses selesai. Dan kemudian klik Finish.




Dan jengjengjengjeng, proses install telah finish.
Cukup sekian tutorial tahap-tahap menginstall Odoo 8.0 Software.
Semoga bermanfaat dan ditunggu post-post saya berikutnya yaa :)


Salam Sukses,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar