Selasa, 25 Oktober 2016

#UPERP8UTS02A Mereview FlowChart Bisnis Proses Perusahaan PT Macan Jaya 2014

Assalamualaikum Hello Kitty Addict :)

Yeay balik lagi dengan saya Rizky Amalia Fitriani. Postingan saya kali ini merupakan soal UTS ERP tahun 2016. Dan postingan ini membahas hasil Review FlowChart Bisnis Proses Perusahaan PT Macan Jaya angkatan tahun 2014.

Baca blog ini sampai selesai ya guys :D

Sebelumnya saya akan memperkenalkan sedikit mengenai PT Macan Jaya (Manja)
PT Macan Jaya (Manja) merupakan perusahaan fiktif retail elektronika yang berpusat di Jakarta Utara dan memiliki karyawan dengan masing-masing peranan aktivitas pekerjaan. Saat ini PT Macan Jaya sedang mengembangkan bisnisnya di daerah Jakarta.

Hasil review mengenai FlowChart Bisnis Proses Perusahaan PT Macan Jaya 2014 yaitu :

1. PT Macan Jaya memiliki Main Business Process seperti pada gambar dibawah ini :


- Pada Main Business Process diatas, PT Macan Jaya memiliki Target Revenue tahunan. Target Revenue   adalah suatu hasil penjualan produk dan/ atau jasa dari aktivitas yang dilakukan oleh PT Macan Jaya dalam melakukan aktivitas normal perusahaan dan kemudian disajikan dalam bentuk laporan keuangan dalam satu periode. Apabila Target Revenue tahunan tersebut tercapai sesuai rencana dan tujuannya maka prospek perusahaan akan semakin baik.

- Selanjutnya Target Revenue tahunan tersebut akan menentukan besar kecilnya skala permintaan pengadaan/pembelian barang di PT Macan Jaya. Permintaan adalah jumlah satuan barang yang akan dibeli oleh customer dengan bermacam-macam harga dalam kurun waktu tertentu

-Fungsi pengadaan/pembelian diadakan untuk melayani atau menunjang organisasi lain yang ada di PT Macan Jaya. Oleh karena itu, prinsip-prinsip kerjanya harus sedemikian rupa sehingga juga berorientasi pada aktivitas penunjang. Prinsip kerja dari fungsi pengadaan/pembelian harus diatur supaya mampu memberikan kontribusi yang besar bagi keberhasilan PT Macan Jaya. Jika fungsi pengadaan/pembelian tersebut sudah terpenuhi maka dapat dikatakan PT Macan Jaya memiliki sistem "Purchase Good" dan barang akan dikirim ke Warehouse perusahaan.

-Jika proses purchasingnya baik, maka pihak inventory di warehouse PT Macan Jaya dapat dengan mudah mengelola persediaan dengan baik pula sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku agar selalu memenuhi persyaratan tepat mutu, tepat jumlah, tepat waktu, dan tepat tempat sehingga mempunyai daya dukung yang maksimal terhadap kegiatan perusahaan PT Macan Jaya.

-Selanjutnya persediaan dalam warehouse dibawa atau disupply ke toko untuk dipasarkan kepada customer-customer PT Macan Jaya.

-Di toko PT Macan Jaya akan ada inventory yang merupakan sejumlah barang yang disediakan untuk memenuhi permintaan dari para customer PT Macan Jaya dalam suatu periode usaha yang normal.

-Selanjutnya sales PT Macan Jaya akan menawarkan dan menonjolkan keunggulan barang atau produk yang telah diproduksi kepada para konsumen, sebagai suatu upaya pekerjaan atau kegiatan untuk menjadikan seseorang sebagai customer atau langganan.

2. Selain Main Business Process, PT Macan Jaya juga memiliki Supporting Business Process seperti pada gambar dibawah ini :


- Pada Supporting Business Process ada 2 bagian yaitu HFA-IT dan Supply Chan Management. Untuk HFA-IT terdiri dari sub-sub department yaitu HR, Finance & Accounting, ESRGA, dan IT. Sedangkan untuk Supply Chain Management terdiri dari sub-sub department yaitu Warehouse & Distribution, Inventory Management, Procurement, Sales & Marketing, dan BUSDEV. 

Namun, PT Macan Jaya hanya berada pada scope didalam garis putus-putus merah.


Sekian hasil review saya mengenai FlowChart Business Process PT Macan Jaya 2014.
Semoga postingan saya ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.

Salam Sukses,

Wassalamualaikum Wr, Wb



Persediaan sebagai salah satu sumber daya yang memerlukan pengelolaan yang baik sesuai ketentuan-ketentuan yang berlaku agar selalu dapat memenuhi persyaratan tepat mutu, tepat jumlah, tepat waktu dan tepat tempat sehingga mempunyai daya dukung yang maksimal terhadap kegiatan perusahaan.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/niaatwindari/hubungan-sistem-informasi-akuntansi-persediaan-terhadap-proses-produksi_5655bb260523bdf9088b

Persediaan sebagai salah satu sumber daya yang memerlukan pengelolaan yang baik sesuai ketentuan-ketentuan yang berlaku agar selalu dapat memenuhi persyaratan tepat mutu, tepat jumlah, tepat waktu dan tepat tempat sehingga mempunyai daya dukung yang maksimal terhadap kegiatan perusahaan.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/niaatwindari/hubungan-sistem-informasi-akuntansi-persediaan-terhadap-proses-produksi_5655bb260523bdf9088b45b3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar