Senin, 03 Oktober 2016

#UPERPT04C Bizagi Process Modeler

Langsung saja ya teman-teman, to the point :)

Kali ini saya akan membahas mengenai Bizagi Modeler di BPMN.

Image result for bizagi modeler 
Sedikit menjelaskan, Bizagi Proses Modeler adalah aplikasi freeware yang dapat anda download dari internet dan digunakan dalam komputer desktop atau portable. Softwarwe bizagi lebih banyak digunakan oleh informatika. Bizagi proses modeler sangat mudah digunakan dan dalam hitungan menit, anda akan dapat menyelesaikan tugas-tugas seperti proses diagram dan dokumentasi proses menggunakan notasi standar BPMN. Pengertian Bizagi Proses Modeler merupakan software suite dengan dua gabungan produk komplementer yaitu proses modeler dan suite BPM. Proses modeler adalah aplikasi yang digunakan untuk diagram, document dan mensimulasikan proses dengan mengunakan BPMN (Business Process Modeling Natation), sedangkan BPM sendiri adalah Business Process Modeling Natation dan solusi workflow yang memungkinkan sebuah organisasi untuk mengotomatifkan proses maupun alur kerja

Dibawah ini adalah screenshoot aplikasi Bizagi beserta langkah-langkah dalam mendonwload dan menginstall pada laptop pribadi saya : 

1. Buka web Bizagi Modeler di BPMN, yaitu www.bizagi.com/en/products/bpm-suite/modeler#downloadmodeler dan klik Download Bizagi Modeler
 

2.  Join dan mengisi user registration secara lengkap. Code registration dikirim melalui sms ke smartphone user. Segera masukkan code registration tersebut ke dalam email verification :
 

3. Jika proses mendownload telah selesai, maka akan muncul keterangan success seperti pada gambar dibawah ini :



4. Selanjutnya install Bizagi Modeler pada laptop pribadi saya (64bit), klik dua kali pada aplikasi installer Bizagi Modeler :




5. Pilih bahasa yang akan digunakan pada Bizagi Modeler, kemudian klik OK.











6. Setelah bahasa dipilih akan muncul tampilan BizAgi Modeler - InstallShield Wizard "Preparing to Install" :














7. Tunggu sampai proses persiapan installasi selesai dan secara otomatis akan muncul tampilan notifikasi bahwa program siap di instal. Klik next :














8.  Muncul License Agreement, maka langkah selanjutnya adalah memilih opsi I accept the terms of the license agreement dan kemudian klik Next.

Add caption













 9. Memilih Destinasi Folder untuk lokasi penginstallan. Klik Next jika akan menginstall pada lokasi yang telah dipilihkan atau klik Browse dan pilih lokasi lain jika ingin menginstall di destinasi lain. Kemudian klik Next :














10. Dan akan muncul tampilan Setup Status Validating Install dan Setup Status Destination Folder seperti pada gambar dibawah ini :


11. Proses Instalasi Bizagi Modeller telah selesai, kemudian klik next :

 












12. Install Finish :










 

13. Setelah dipastikan bahwa instalasi telah finish, maka ketika saya membuka aplikasi Bizagi Modeler  tampilannya adalah seperti dibawah ini :  



Bizagi Modeler sudah siap digunakan dan user pun sudah dapat membuat proses pemodelan menggunakan aplikasi ini.
Demikian paduan instalasi untuk Bizagi Modeler. Mudah bukan?
Semoga bermanfaat  :)

Salam Sukses,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar